Top

Pengawasan Pemerintah Dilakukan Demi Perlindungan Konsumen

 On  

Artikel dibawah mengulas penjelasan yang trend tentang Pengawasan Pemerintah Dilakukan Demi Perlindungan Konsumen . Jikalau kalian mempunyai keinginan spesial dalam hal Pengawasan Pemerintah Dilakukan Demi Perlindungan Konsumen, maka Artikel detail ini diperlukan guna kalian pelajari.


Kementerian Perdagangan Republik Indonesia tidak telah berhenti meningkatkan pengawasan barang beredar terhadap produk non-pangan maupun pangan. Selain buat melindungi customer, pengawasan secara berkesinambungan ingin menciptakan iklim kerja yang sehat di Tanah Air. Demikian ditegaskan Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi kesempatan mempublikasikan hasil pengawasan barang beredar dan jasa di kantor Kementerian Perdagangan pada Januari 2013.

“Pengawasan tersebut juga dilakukan buat mendorong peningkatan produksi dan penggunaan produk dalam negeri serta mencegah distorsi pasar dari peredaran produk impor yang tidak cocok dengan peraturan yang betul ,” kata Wamendag.

Sementara tersebut, Dirjen Standardisasi dan Perlindungan Konsumen Nus Nuzulia Ishak juga berpikiran tidak beerbeda. Menurutnya, peran pengawasan pemerintah dalam mengatur barang beredar dan jasa senantiasa dilakukan agar supaya kualitas perlindungan customer mengalami penambahan. Saat ini saja masih banyak barang dan jasa yang beredar di orang yang menganaktirikan peraturan pemerintah. Dan berupayalah menjadi Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen.

Setidaknya, pada pengawasan Tahap VI yang dilakukan selama bulan November – Desember 2012 setelah itu telah ditemukan 100 produk yang dipikirkan tidak cocok peraturan yang betul . Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen, dari 100 produk tersebut berjumlah 8 produk di antaranya dipikirkan melanggar peraturan terkait Standar Nasional Republik Indonesia (SNI), 29 produk dipikirkan melanggar peraturan Manual dan Kartu Garansi (MKG), 62 produk dipikirkan melanggar peraturan label dalam Bahasa Indonesia , serta 1 produk yang tidak memenuhi peraturan produk yang diawasi distribusinya.

Perkiraan ulasan postingan Pengawasan Pemerintah Dilaksanakan Demi Perlindungan Pelanggan mengalami penambahan membuat penasaran . Umpama demikian mari orang bahas lebih jauh tak henti-hentinya postingan Pengawasan Pemerintah Dilaksanakan Demi Perlindungan Pelanggan ini.

Sementara hasil pengawasan yang dilakukan oleh Kemendag secara keseluruhan selama kurun kesempatan thn 2012 telah ditemukan 621 produk yang dipikirkan tidak memenuhi peraturan. Jumlah temuan ini mengalami penambahan berjumlah 28 produk dibandingkan thn 2011. Dari temuan tersebut 61% yaitu produk impor dan 39% yaitu produksi dalam negeri.

Berdasarkan jenis pelanggarannya berjumlah 34% produk dipikirkan melanggar peraturan SNI, 22% dipikirkan melanggar MKG, 43% dipikirkan melanggar peraturan label dalam Bahasa Indonesia , serta 1% dipikirkan tidak memenuhi peraturan produk yang diawasi distribusinya.

Sedangkan menurut kelompok produk yang dipikirkan tidak memenuhi peraturan, berjumlah 39% yaitu produk elektronika dan alat listrik, 20% produk alat rumah tangga, 13% produk suku cadang kendaraan, serta sisanya yaitu produk bahan bangunan, produk makanan minuman dan Tekstil dan Produk Tekstil (TPT).

Adapun langkah-langkah yang telah diambil sebagai tindak lanjut dari temuan tersebut, yaitu buat pelanggaran pidana, berjumlah 2 produk telah dilimpahkan ke Kejaksaan (P21), 3 produk tidak dibolehkan dilanjutkan karena tersangkanya meninggal dunia, dan lebih dari satu produk masih dalam penyidikan.

Sementara buat pelanggaran administrasi, telah dilakukan pemberian peringatan tertulis kepada para pelaku kerja dari 348 produk, permintaan penarikan 8 produk, pembinaan terhadap asosiasi, serta pemanggilan para pelaku kerja guna keperluan penyidikan dan pengumpulan keterangan.

Wamendag menjelaskan bahwa sebagai tampilan upaya mewujudkan perlindungan customer yang lebih optimal, Kemendag telah memustuskan 2 sasaran program pengawasan produk beredar di thn 2013.

Pertama, Kemendag ingin meningkatkan efektifitas Pengawasan produk Beredar di daerah perbatasan lewat acara Terpadu Pengawasan Barang Beredar (TPBB), event pengawasan rutin, crash program, pengawasan implementasi label dalam Bahasa Republik Indonesia dan MKG, serta pengawasan distribusi.

Kedua, Kemendag ingin mengoptimalisasi penegakan hukum lewat peningkatan mutu koordinasi aparat penegakan hukum dan pendampingan Penyidik Pegawai Negeri Sipil Perlindungan Konsumen (PPNS-PK) di daerah.
Apakah sesudah melihat ulasan Pengawasan Pemerintah Dilakukan Demi Perlindungan Konsumen tsb kamu telah memahami banyak pengetahuan ? Cukup menghabiskan sedikit waktu untuk mengetahui artikel Pengawasan Pemerintah Dilakukan Demi Perlindungan Konsumen kan ?
Artikel menarik lainnya yang patut anda baca Mobil Sedan Corolla dan juga tak lupa hotel murah di Jakarta.