Top

Peringatan Untuk Master Seo Paruh Waktu: Bekerja Malam Berbahaya Bagi Kesehatan

 On  

Ini perlu diperhatikan bagi para pebisnis online paruh waktu, seperti saya ini dan juga peringatan bagi anda Master Seo Paruh Waktu. Apa maksudnya paruh waktu ? Pebisnis online/blogger paruh waktu yang saya maksud disini adalah para pekerja dimana siang hari dia bekerja normal seperti kebanyakan orang, namun di saat malam hari dia sebagai blogger sekaligus pebisnis online. Ternyata kebiasaan begadang malam hari tidak baik untuk kesehatan tubuh kita, dan akibatnya bisa fatal.

Kabar buruk bagi pekerja yang sering kerja lembur atau shift malam. Sebuah penelitian menunjukkan kerja shift malam rentan terkena risiko berbagai penyakit, termasuk kanker dan diabetes.

Lantas apa yang membuat kerja shift malam dapat mengakibatkan berbagai penyakit kronis? Ternyata karena orang yang kerja shift malam mengalami gangguan pola tidur, atau dengan kata lain merusak jam biologis tubuh yang pada akhirnya mempengaruhi ritme kerja gen-gen yang ada di dalamnya.

Bahkan peneliti mengklaim shift malam dapat merusak hampir 1.500 gen sekaligus. Karenanya wajar bila kemudian orang yang kerap mendapat shift malam ketika bekerja rentan mengalami penyakit kronis seperti kanker payudara, penyakit jantung, serta diabetes.

Peneliti telah memastikan hal itu dengan mengamati 22 partisipan yang ditempatkan dalam jadwal kerja selama 28 jam tanpa terpapar cahaya alami seperti matahari sama sekali. Partisipan rata-rata berusia 20-an tahun dan percobaan dilakukan dalam lab yang sangat terkontrol.

Hasilnya, siklus tidur-bangun mereka tertunda empat jam lamanya hingga mereka sanggup tidur sampai 12 jam di hari biasa. Namun setelah sampel darahnya diambil juga terlihat partisipan mengalami penurunan jumlah gen yang menunjukkan ritme kikardian hingga enam kali lipat.

Peneliti dari Sleep Research Centre, University of Surrey UK, Profesor Derk-Jan Dijk telah memaparkan hasil penelitiannya bahwa ada enam persen gen yang mempunyai ritme kikardian, artinya aktivitas mereka terlihat lebih tinggi di jam-jam tertentu. Ada gen yang bekerja di siang hari dan memiliki kaitan dengan fungsi kekebalan, ada juga yang bekerja di malam hari, misalnya terlibat dalam pengaturan gen-gen lainnya. Jadi apabila pola tidur (dan pola makan) terganggu, maka sebenarnya orang yang bersangkutan tengah mengubah proses molekuler paling mendasar dalam tubuhnya dengan menyebabkan gangguan pada ritme gen.
Ref: http://www.jpnn.com/read/2014/02/19/217294/Kerja-Shift-Malam-Bisa-Merusak-Ribuan-Gen-

Dan ternyata di saat malam hari memang untuk beristirahat telah dikabarkan didalam al-qur'an 14 abad yag lalu:

Dialah yang menjadikan untukmu malam (sebagai) pakaian, dan tidur untuk istirahat, dan Dia menjadikan siang untuk bangun berusaha. (Al-Furqaan Ayat : 47)

Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah tidurmu di waktu malam dan siang hari dan usahamu mencari sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mendengarkan.” (QS. Ar-Ruum:23)

“Apakah mereka tidak memperhatikan, bahwa sesungguhnya Kami telah menjadikan malam supaya mereka beristirahat padanya dan siang yang menerangi? Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman.” (QS. An-Naml:86).

“Dialah yang menjadikan malam bagi kamu supaya kamu beristirahat padanya dan (menjadikan) siang terang benderang (supaya kamu mencari karunia Allah). Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang mendengar.” (QS. Yunus:67).

Solusi untuk para blogger / pebisnis online paruh waktu atau Master Seo Paruh Waktu adalah jadilah blogger /Master Seo Paruh Waktu/pebisnis online 100% sehingga bisa menjalankan bisnis di siang hari dan istirahat dimalam hari sebagaimana umumnya.

Artikel menarik lainnya yang patut anda baca sewa bus Semarang.