Top

Musim Ini Sunderland Terlambat Jadi Tim Tangguh

 On  

Sunderland
Dua minggu yang lalu posisi dalam klasmen Sunderland adalah no.20 alias paling buncit di daftar klasmen Liga Primer Inggris. Namun siap sangka saat ini sudah berada di peringkat 17. Sunderland memang menjadi tim yang cukup mengagetkan karena keberhasilannya untuk mengamankan sementara dari ancaman degradasi musim kompetisi tahun ini. Apalagi 3 lawan terakhir adalah Manchester City, Chelsea, dan Manchester United, dan semua dikalahkan oleh Sunderland. Fantastis !!!

Saya hanya berpikir jika permainan mereka konsisten selama musim ini maka tidak mungkin Sunderland bisa berada di papan atas, mungkin bisa juara ? why not ? Sunderland memang tidak memiliki sejarah yang fantastis seperti Manchester United atau Chelsea namun dalam sepakbola semua kemungkinan bisa terjadi.

Sayang sekali memang Sunderland baru bisa perkasa dikala sisa laga tinggal dua pertandingan. Tapi bisa juga fenomena ini menunjukkan faktor "kepepet" atau "terpaksa". Sunderland terpaksa harus berjuang mati-matian untuk bertahan agar terlepas dari degradasi sehingga daya keperkasaannya muncul.

Namun apapun latar belakang yang mengubah kualitas Sunderland dalam beberapa pertandingan akhir ini jelas bisa menjadikan pelajaran bagi kita, yaitu :
  1. Semua masih mungkin selama takdir belum terjadi (selalu masih ada harapan)
  2. Usaha yang sungguh-sungguh tanpa kenal putus asa akan dapat menyingkirkan rintangan (akan berhasil/lebih dekat menuju keberhasilan)
  3. Rintangan yang solah-olah besar belum tentu sebesar kenyataannya

Demikian sekilas opini mengenai usaha keras Sunderland di beberapa pertandingan terakhir yang mampu mengalahkan raksasa tim atas klasemen (Manchester City dan Chelsea) serta tim besar Manchester United. Mudah-mudahan usahanya berhasil sehingga tetap bermain di Liga Primer Inggris tahun depan.

Nb: Jangan lupa Crystal Palace dengan usaha yang keras juga berhasil mengimbangi Liverpool, padahal sudah tertinggal 3-0, namun 11 menit terakhir mereka dapat menyamai Liverpool.

Kami merekomendasikan untuk membaca artikel berikut : Unit link terbaik di Indonesia Commonwealth Life investra link dan juga hotel murah di Jakarta.