Top

Apa Penyakit Asam Urat itu ?

 On  

Penyakit asam urat (uric acid, urate) ialah senyawa organik yang merupakan turunan purina. Nama IUPAC (International Union of Pure and Applied Chemistry) asam urat adalah 7,9-dihydro-1H-purine-2,6,8(3H)-trione. Dan asam urat memiliki rumus kimia C5H4N4O3.[1]. Penyakit asam urat merupakan penyakit yang sering dijumpai pada mereka yang berusia lanjut. Penyakit asam urat disebabkan oleh konsumsi zat purin yang berlebih. Purin diolah oleh tubuh sehingga menjadi asam urat. Tatkala produksi asam urat berlebih maka ginjal tidak mampu mengeluarkannya sehingga membentuk kristal asam urat yang dapat menumpuk pada persendian.



Faktor-faktor yang dapat menjadikan seseorang menderita penyakit kadar asam urat adalah:Gaya hidup, Kondisi Medis, Obat-obatan, Genetik, Umur, dan Jenis Kelamin. Gaya Hidup disini seperti kebiasaan mengonsumsi makanan yang mengandung purin yang tinggi, termasuk mengonsumsi alkohol yang berlebih. Kondisi Medis disini adalah seperti karena tekanan darah tinggi, terkena diabetes, dan juga hiperkolesterolemia. Pemakaian obat yang berlebihan seperti diuretik dan aspirin juga harus diwaspadai dan dikonsultasikan ke dokter. Faktor genetik atau keturunan seperti riwayat keluarga yang terkena asam urat mungkin dapat berpotensi lebih besar terkena asam urat. Umur juga berpengaruh, semakin tua semakin berpotensi terkena penyakit asam urat. Jenis kelamin juga bisa menjadi faktor penyebab terkena asam urat. Pada umumnya laki-laki memiliki risiko lebih besar untuk terkena gangguan radang karena asam urat. Tetapi bukan berarti wanita tidak berpotensi terkena asam urat. Wanita yang telah menopause juga memiliki risiko terkena asam urat yang sama berpotensinya dengan pria. Obat asam urat mosehat dapat mengurangi potensi terkena penyakit asam urat. Jika anda telah merasakan gejal terkena asam urat maka anda harus waspada dan perlu meningkatkan pola hidup yang lebih sehat.


Apa saja gejala penyakit asam urat yang dapat dirasakan oleh mereka yang terkena penyakit asam urat ? Gejala yang mungkin akan dirasakan mereka yang terkena asam urat diantaranya: Merasakan nyeri sendi parah dan mendadak khususnya pada pagi hari pada saat bangun tidur. Jika penyakit asam urat lebih parah maka dapat menyebabkan sendi bengkak. Selain itu sendi nampak kemerahan dan terasa panas di sekitar daerah persendian. Agar terhindar dari penyakit asam urat maka kita perlu mengonsumsi makanan yang sehat (mengurangi mengonsumsi pantangan penyakit asam urat) dan membiasakan olahraga secara rutin. Bisa juga dengan mengonsumsi Obat asam urat mosehat.