Top

Google Sandbox: Web Anda Terkena Google Sandbox Atau Tidak ?

 On  

Hal yang paling ditakuti oleh seorang yang berkecimpung di dunia SEO adalah Google Sandbox. Apa itu Google Sandbox ? Google Sandbox adalah suatu kondisi dimana suatu halaman web (URL) mendapatkan penalti berupa penurunan peringkat dalam mesin pencarian google. Penalti dalam hal ini bersifat sementara, namun saya belum mengetahui berapa lama suatu web terkena Google Sandbox ? Mungkin saja antara web satu dengan yang lainnya akan mendapatkan penalti yang berbeda-beda.


Lalu bagaimana caranya untuk melihat apakah website terkena Google Sandbox atau tidak ?
Ada dua cara yang bisa kita pakai untuk mengecheck, apakah suatu website terkena google sandbox atau tidak ?

CARA PERTAMA:
Silakan cari (searching) web anda pada halaman google dengan KEYWORD alamat asli atau URL nya. Misal saya mencari alamat website dengan keyword https://arentin.blogspot.com/2019/10/obat-asam-urat-mosehat-bisa-dipesan.html, ternyata web tersebut tidak berada di rangking pertama (SATU), ini berarti bahwa web tersebut terkena Google Sandbox.

CARA KEDUA:
Cara kedua adalah dengan menggunakan aplikasi online milik pihak lain yang menyediakan tool tesebut. Contoh tool online yang saya pergunakan adalah :
https://www.searchenginegenie.com/sandbox-checker.htm


Ternyata benar artikel saya https://arentin.blogspot.com/2019/10/obat-asam-urat-mosehat-bisa-dipesan.html yang saya ikutkan lomba seo dengan keyword obat asam urat mosehat benar-benar masuk ke dalam Google Sandbox.

Apa penyebab terjadinya Google Sandbox ?

Maaf, saya belum mau mengungkapkan. Mungkin kalau suatu saat menulis buku tentang SEO, tema Google Sandbox ini perlu saya masukan. Demikian juga bagaimana cara untuk keluar dari Google Sandbox ?